Makanan Untuk Mengatasi Susah Buang Air Besar

shares |


Tidak sedikit orang yang mengeluh kerapkali mengalami sembelit. Sembelit terjadi karena berbagai kondisi,  bisa karena faktor kekurangan cairan, kurang makan buah dan lebih banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi.  Sembelit bisa menjadi penyakit yang menyiksa bagi penderitanya,  frekuensi buang air besar pasien sembelit bisa hanya terjadi 3-4 kali dalam waktu satu minggu bahkan hanya buang air besar satu kali saja dalam jangka waktu satu minggu, tentunya kondisi ini sangat mengkhawatirkan, khususnya bagi si orang yang mengalaminya, karena tidak sedikit orang yang mengalami sembelit mengeluhkan bila dia buang air besar hingga berdarah. Untuk mengatasi masalah yang disebabkan karena sembelit, silahkan simak dengan penuh perhatian, makanan apa saja yang dinilai sebagai obat mengatasi susah buang air besar, sebagai berikut ini:
Yoghurt
Bahan makanan ini mengandung bakteri baik yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan serta pencernaan tubuh.  Probiotik serta bakteri baik sangat efektif untuk melancarkan buang air besar serta menurunkan resiko terjadinya wasir. Sudah dibuktikan dengan penelitian di Amerika, bila mencoba membiaskan diri untuk mengkonsumsi yoghurt setiap hari, tubuh akan lebih sehat, mencegah dehidrasi dan merangsang gerakan usus.
Buah serta sayuran
Keduanya memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, namun yang jadi masalah adalah bila Anda tidak suka makan sayur. Sayur dan buah mengandung serat yang cukup besar sehingga sangat disarankan untuk banyak makan makanan yang diolah dari sayur setiap harinya untuk mencegah susah buang air besar, buat makanan dari sayuran dengan cara kreatif agar Anda atau anggota keluarga lainnya yang tidak suka sayuran tetap bisa mengkonsumsinya dengan baik. Sedangkan buah, bisa dikonsumsi langsung atau dibuat sebagai jus dan salad buah.
Biji-bijian
obat mengatasi susah buang air besar dengan mencukupi konsumsi biji-bijian. Gandum dan beras merah, jenis biji-bijian yang kaya serat sehingga sangat baik untuk mengatasi susah buang air besar. Konsumsi makanan dari biji-bijian, diantara lain ada roti gandum atau bubur dari beras merah yang diolah semenarik dan selezat mungkin, niscaya Anda tidak akan lagi terganggu dengan masalah susah buang air besar.
Air
Faktor yang menyebabkan Anda bisa sampai mengalami sembelit adalah kekurangan cairan, jadi akan sangat bijaksana bila Anda mau mencukupi cairan tubuh dengan minum air mineral 8 gelas tiap hari. Bila cairan dalam tubuh sudah mencukupi, resiko sembelit bisa sedikit berkurang.


Obat mengatasi susah buang air besar yang bersumber pada pemilihan makanan yang baik merupakan cara yang cukup jitu untuk mengurangi resiko susah buang air besar,  dari makanan Anda sudah bisa mencegah terjadinya sembelit. Oleh karena itu, tingkatkan kesadaran diri untuk tidak mengkonsumsi makanan berlemak setiap hari dalam jumlah besar dan biasakan diri untuk banyak mengkonsumsi makanan pencegah sembelit yang telah disebutkan dan dijelaskan di atas.

Related Posts