TIPS MENGOBATI SAKIT TENGGOROKAN

shares |


  • Tips Mengobati Sakit Tenggorokan


Sakit radang tenggorokan atau dalam bahasa latinnya Faringitis, ialah satu buah penyakit peradangan yang menyerang pada tenggorok atau (pharynx) / hulu kerongkongan.
Penyebab Radang ini biasanya terkenan  virus atau bakteri, dalam keadaan daya tahan tubuh seseorang sedang melemah. Faringitis umumnya disebabkan oleh bakteri streptococcus. Cara pengobatannya jika terkena bakteri yaitu dengan antibiotik. atau makan makanan yang sehat seperti banyak mengkonsumsi dan disertai dengan meminum vitamin.

TIPS MENGOBATI SAKIT TENGGOROKAN

Gejala radang tenggorokan paling sering ialah tandanya akan terserang penyakit flu dan batuk. Baca juag cara mengobati Flu dan Batuk  alami

Radang tenggorokan ada dua jenis, yaitu radang tenggorokan akut sama radang tenggorokan kronis:
Radang tenggorok akut ialah sakit radang tenggorokannya masih baru, seperti terdapat gejala sakit pada tenggorok/susah menelan makanan dan disertai batuk-batuk dan demam tinggi.
Radang tenggorokan kronis ialah sakit radang tenggoroknya sudah lama tidak kunjung sembuh,misalnya tidak merasa nyeri ketika menelan, tetapi hanya merasa ada sesuatu yang menghalang atau  mengganjal di tenggorok. Sumber Wikipedia

Berikut tips Cara Mengobati Radang Tenggorokan secara alami


  • Teh jahe


Teh jahe untuk mengobati radang tenggorokan

Jahe (Zingiber officinale), ialah tanaman rimpang merupakan rempah-rempah dan sering di gunakan untuk bahan obat-obatan. jahe berbentuk seperti jemari yang menggembung pada ruas tengahnya dan jahe mempunyai Rasa pedas yang disebabkan senyawa keton yang bernama zingeron. Maka dari itu teh jahe ini sangat mampu untuk mengobati radang tenggorokan dengan cara, pertama-tama anda seduh setengah gelas teh dengan air panas lalu rebus satu buah jahe dengan satu gelas air putih selama 5 menit, kemudian campurkan dengan setengah gelas teh tadi, di anjurkan minum satu gelas dalam sehari setiap menjelang mau tidur.


  • Teh chamomile


Teh chamomile mampu mengobati sakit tenggorokan

Chamomile  yaitu tumbuhan semusim dari bunga Matahari Asteraceae. Tanaman ini tumbuh di semua wilayah Eropa dan Asia. Dan chamomile sudah menyebar luas di Australia dan Amerika utara. Tanaman chamomile ini hanya bisa tumbuh di tanah yang terbuka, selain itu Chamomile sering di gunakan sebagai obat peradangan sperti radang pada tenggorokan dengan cara di bikin teh, dengan cara seduh satu kantung  teh chamomile tambahkan sedikit madu, minum setiap hari sebelum tidur.


  • Kunyit


kunyit bisa menyembuhkan sakit tenggorokan

Sediakan kunyit yang masih segar, dan satu sendok teh garam kemudian masukan dengan segelas air hangat aduk-aduk hingga merata kemudian gunakan untuk berkumur, ramuan ini sangat efektip sekali untuk mengobati radng tenggorokan, di anjurkan lakukan setiap hari ketika bangun tidur di pagi hari.


  • Daun Kemangi


daun kemangi bisa menyembuhkan sakit tenggorokan

Kemangi ialah memiliki daun yang mungkil dan biasa dikonsumsi sebagai lalap. Aroma daun kemangi ini sangat khas sekali,tetapi lembut ada sedikit sentuhan aroma limau. Dan juka kemangi ini manfaatnya sangat banyak sekali, salahsatunya kemangi mampu mengobati sakit pada tenggorokan dengan cara, sediakan dan kemangi secukupnya yang masih segar dan rebus beberapa menit, kemudian ambil airnya dan gunakan untuk berkumur-kumur. Di anjurkan berkumur sehari 2 kali sebelum mandi.


  • Madu dan lemon


Sediakan satu buah lemon segar dan satu sendok madu asli, kemudian peras lemon tersebut masukan perasan lemon ke dalam madu tambah air hangat dan aduk rata, kemudian minum ramuan tersebut, karena ramuan madu dan lemon ini mampu mengobati sakit tenggorokan, di anjurkan minum sehari sekali setiap mau tidur.


  • Lemon dan kecap


Sediakan satu buah Lemon dan kecap lalu peras lemon tersebut dan tambahkan satu sendok teh kecap manis, kemudian minum karena ramuan tersebut mampu mengobati sakit pada tenggorokan yang di sertai batu berdahak, di anjurkan minum ramuan tersebut  2 kali dalam sehari.


  • Bawang putih


khasiat-bawang-putih-untuk_menyembuhkan_sakit_tenggorokan

Bawang putih ini ternyata selain di gunakan utuk bumbu masak, bisa juga untuk mengobati sakit tenggorokan yang di sertai batuk, dengan cara mengunyah bawang putih tersebut karena  Bawang putih mengandung allicin, kandungan allicin pada bawang putih ini mampu membunuh bakteri.  Di anjurkan kunyah sehari 2-3 kali dalam sehari.

Note : jagan gunakan semua tips di atas secara bersamaan, gunakan lah mana menurut teman-teman mana yang paling mudah untuk di gunakan.

Demikian ulasan dari saya tentang bagaiman cara mengobati radang tenggorokan secara alami, semoga bermanfaat untuk teman teman ku di dunia maya. Terimakasih salam sehat dari saya.

Related Posts