Tips Mudah Untuk Mencegah Flu Saat Musim Penghujan

shares |


Musim penghujan bisa juga dibilang segala musim serangan influenza, karena disaat musim penghujan datang daya tahan tubuh yang lemah menjadi lebih rentan untuk terserang flu, jadi tidak heran banyak orang yang memilih untuk menggunakan masker disaat musim penghujan datang sebagai tindakan pencegahan agar tidak mudah terjangkit atau tertular flu. Flu bukan penyakir kronis dan bisa disembuhkan, namun flu bisa menjadi berbahaya bila Anda tidak melakukan pengobatan. Supaya Anda tidak terkena flu disaat musim penghujan datang, silahkan simak tips mencegah flu saat hujan berikut ini:

Cuci tangan

Cara termudah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah flu adalah mencuci tangan. Tangan itu sumber kuman, banyak bakteri jahat yang menempel di kulit tangan, tangan merupakan bagian tubuh yang paling banyak bekerja, ketika Anda makan, Anda membutuhkan tangan, ketika Anda mengerjakan pekerjaan Anda juga membutuhkan tangan jadi sangat tepat bila Anda rajin mencuci tangan setiap habis melakuakan sesuatu hal yang berhubungan dengan kebersihan tangan, baik untuk diingat jika mencuci tangan sebelum makan,  sebelum tidur dan sebelum menyentuh wajah adalah kewajiban, pasalnya tangan merupakan alat yang Anda gunakan untuk makan, bila tangan kotor sudah pasti kuman ikut tertelan bersama makanan.

Tidur yang cukup

Kondisi tubuh yang kurang sehat beresiko lebih besar untuk terserang influenza. Waktu tidur orang dewasa yang dianjurkan adalah selama 8 jam. Kurang tidur bisa membuat kondisi kesehatan tubuh menurun, Anda menjadi tampak kusam, tidak bersemangat dan mudah merasa lelah. Untuk itu, cukupi waktu istirahat Anda dengan tidak menunda tidur.

Olahraga

Tips mencegah flu saat hujan dengan tidak lupa berolahraga. Kebiasaan Anda berjalan kaki untuk sampai ke kantor atau lebih memilih untuk naik turun gedung perkantoran dengan memakai tangga, bisa menjadi olahraga ringan yang secara tidak langsung ikut mempengaruhi kondisi kebugaran dan kesehatan tubuh Anda.

Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan zinc

Mengkonsumsi makanan yang bergizi, bernutrisi dan memiliki jumlah mineral yang mencukupi, tidak akan sempurna rasanya bila Anda tidak mengedepankan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi zinc. Zinc merupakan jenis nutrisi yang paling banyak diandalkan disaat musim penghujan.  Konsumsi tiram atau gandum, jenis makanan yang kaya kandungan zinc di dalamnya.

Makan bawang
cara mencegah flu saat hujan dengan mengandalkan bawang. Bawang baik untuk tubuh karena memiliki kandungan allicin yang bersifat anti mikroba, yang mana dinilai mampu untuk melawan virus dan bakteri, termasuk yang menyebabkan influenza. Mencegah flu juga bisa dilakukan dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan yang tinggi akan vitamin, serat dan senyawa lainnya. Hindari konsumsi minuman dingin dalam jumlah yang berlebihan, karena minuman dingin bisa merangsang influenza dan sangat disarankan untuk lebih banyak minum minuman hangat.baca juga artikel mengenai manfaat kunyit putih.

Related Posts