Cara Berhenti Merokok yang Efektif Dan Murah

shares |


Merokok itu bagian gaya hidup yang buruk, namun sayangnya banyak orang yang merasa kesulitan bahkan tidak sanggup untuk berhenti merokok. Hal tersebut bisa jadi disebabkan karena faktor lingkungan, faktor kecanduan karena sudah terlalu lama merokok, hampir separuh masa mudanya dijalani dengan merokok. Ingin berhenti merokok berarti Anda harus bisa mengubah gaya hidup Anda, karena sudah satu paket dan tidak bisa lagi dipisahkan, Anda pun harus mulai berani menolak ajakan teman lama yang meminta Anda untuk kembali merokok, kalau bisa coba hindari lingkungan pertemanan tersebut untuk sementara waktu. Cara berhenti merokok bisa Anda coba dengan mengambil langkah tepat, yakni dengan memakai metode alami berikut. 
Kunyahlah jeruk nipis
Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti yang telah diterbitkan di Journal of Medical Association di Thailand menjelaskan bahwa kandungan yang terdapat didalam jeruk nipis mampu untuk membuat Anda berhenti dari kecanduan merokok serta membantu membersihkan tubuh dari racun, terutama kandungan nikotin. Bila tidak terbiasa mengunyah jeruk nipis, Anda bisa membuat minuman atau makanan dari bahan dasar jeruk nipis yang rendah gula.
Menghirup aroma lada hitam
Lada hitam memiliki aroma yang sangat kuat dan aroma kuat dari lada hitam bisa Anda peroleh dari minyak atsiri. Hiruplah minyak atsiri tepat disaat Anda sudah tidak tahan lagi untuk merokok, kandungan lada hitamnya dinilai sangat ampuh untuk menekan keinginan Anda yang menggebu-gebu untuk merokok.
Olahraga
Tingkatkan kesehatan tubuh Anda dengan rutin melakukan kegiatan olah fisik, olahraga ringan seperti jalan cepat atau bersepeda bisa menjadi aktivitas terbaru yang lebih positif sehingga Anda sementara waktu bisa lupa dengan kebutuhan merokok. Lakukan minimal dua sampai tiga kali setiap minggu, atau setiap hari dengan jenis olahraga ringan supaya tubuh tetap sehat dan Anda pun bisa berhenti merokok. Cara berhenti merokok ini juga baik untuk membantu menurunkan berat badan.baca juga artikel sebelumnya mengenai manfaat kunyit dan cara pengolahannya.
Pijat
Ketika dipijat aliran darah akan menjadi lebih lancar, tubuh menjadi lebih nyaman dan segar. Pijatan di daerah saraf tangan serta telinga, terbukti efektif untuk menekan keinginan Anda akan mengisap rokok. Pijat bisa Anda lakukan sendiri di rumah, namun untuk hasil terbaik, Anda bisa memanggil terapis atau meminta teman yang jago memijat untuk memijat Anda.
Kunyah permen karet
Cara berhenti merokok ini sangatlah murah dan cukup efektif,  ganti puntung rokok dengan sebuah permen karet bisa menjadi terapi yang paling tepat, terutama untuk Anda yang suka mengunyah sesuatu. Selain dengan permen karet, buah-buahan segar pun bisa menjadi terapi pengganti rokok yang tidak kalah efektifnya. 


 Sebenarnya tidak ada yang sulit, bila Anda tidak berpikir itu sulit dan mendoktrin jika hal itu sulit dan butuh keajaiban untuk bisa melakukannya, jauhkan pikiran negatif dan rasa pesimis dari diri Anda maupun yang didengar dari mulut orang lain, yakinkan diri bila Anda bisa berhasil dan sukses berhenti merokok, dengan komitmen dan tekad yang kuat, apa pun halangan di depan bisa dilewati.

Related Posts