Manfaat Daun Pandan Wangi untuk Kesehatan dan Merawat Rambut

shares |

Manfaat Daun Pandan
Manfaat Daun Pandan Wangi untuk Kesehatan dan Rambut - Pandan wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) termasuk keluarga Pandanaceae. Tanaman pandan wangi hanya biasa hidup di tempat yang teduh serta lembab seperti di rawa-rawa. Namun setelah tahu bahwa tanaman ini sangat banyak sekali khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan, banyak yang membudidayakan tanaman ini, sekarang mudah sekali untuk mendapatkan daun pandan wangi ini karena banyak orng sudah mulai menanam di halaman rumah. Jika anda tertarik untuk menanam tanaman pandan wangi di halaman rumah anda untuk cara perkembangbiakannya anda hanya cukup melakukan memisahkan tunas baru dari rumpunnya yang tumbuh diantara akar-akar.

Manfaat pandan wangi  ini ialah dapat di gunakan sebagai zat pewarna alami makanan serta mempunyai wangi yang khas. Biasanya di gunakan untuk pembuatan kue, martabak, donat dan lain-lain.

Selain untuk pewarna dan pewangi alami makanan, tanaman ini sekarang banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional. seperti untuk mengobati rematik, pegal linu, gelisah dan mengobati lemah saraf, serta dapat menyuburkan rambut, menghitamkan rambut, mengatasi rambut rontok hingga menghilangkan ketombe.

Manfaat Pandan Wangi untuk Kesehatan

Sudah lama para ahli pengobatan tradisional untuk mengobati pasiennya menggunakan daun pandan wangi. Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat daun pandan wangi serta cara menggunakanya :

  • Obat Rematik

Caranya, ambil 5 lembar daun pandan , cuci bersih dan potong menjadi beberapa bagian. Kemudian panaskan setengah cangkir minyak kelapa dan masukan daun pandan yang sudah di potong, aduk beberapa menit dan tiriskan. Setelah dingin, gosokan/urut halus pada bagian yang sakit.

  • Mengobati pegal linu

Untuk mengobati pegel linu dengan daun pandan wangi Caranya, ambil 7 helai daun pandan yang masih segar dan 24 lembar daun serai. Cuci terlebih dahulu kedua jenis daun tersebut dan haluskan dengan di tumbuk. Setelah halus Tambahkan 1 sdm minyak kayu putih dan minyak gandapura, aduk sampai menyatu semuanya. Setelah itu Gunakan sebagai minyak menggosok untuk mengurut bagian tubuh yang pegal tersebut.

  • Mengobati lemah saraf

Sediakan 7 helai daun pandan wangi, cuci terlebih dahulu kemudian dipotong menjadi dua bagian. Dan  rebus dengan air sebanyak 3 gelas tunggu beberapa saat sampai air rebusannya tersisa menjadi 2 gelas saja, kemudian angkat dan tiriskan. Lalu minum satu gelas sampai habis setelah dingin, dan yang satu gelas lagi minum ketika menjelang tidur .

  • Mengatasi gelisah menjelang tidur

Ambil 5 helai daun pandan wangi, cuci sampai bersih dan iris tipis-tipis. Kemudian seduh dengan satu gelas air panas, diamkan beberapa menit, sampai airnya dingin, kemudian saring terlenih dahulu dan minum sampai habis. Di anjurkan minum sehari 3 kali secara rutin sampai sembuh.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Daun pandan wangi ini sangat ampuh untuk menurunkan darah tinggi dengan cara, petik beberapa helai daun pandan wangi dan rebus dengan empat gelas air. Tunggu sampai air rebusannya tersisa menjadi 2 gelas. Kemudian Saring untuk mengambil airnya. Di anjurkan minum secara rutin 2 gelas dalam sehari di waktu pagi dan malam hari ketika mau tidur. Dan juga secara tidak langsung ramuan daun pandan wangi ini dengan cara merebusnya dan meminum air rebusannya secara rutin dapat menambah nafsu makan dan mengatasi lemah sahwat

Manfaat Daun Pandan Untuk Rambut

  • Mengatasi rambut rontok

Daun pandan dapat mengatasi kerontokan pada rambut cara penggunaanya sebagai berikut , Sediakan 2 helai daun pandan, 12 helai daun waru muda yang baru di petik dari tangkainya, 1 genggam daun urang-aring, 7 helai daun mangkokan, 10 kuntum bunga melati, dan 1 kuntum bunga mawar. Semua bahan tersebut cuci terlebih dahulu sampai  bersih kemudian masukkan ke dalam panci, lalu Tambahkan setengah cangkir minyak kelapa, minyak wijen dan minyak kemiri dan rebus sampai mendidih dan saring untuk di ambil cairanya.
Cara penggunannya, oleskan ramuan yang tadi anda buat pada seluruh area rambut dan kulit kepala secara rata, setelah itu bungkus sama handuk aga basah dan hangat, diamkan sampai menjelang pagi dan bilas hingga bersih ketika mandi pagi. Di anjurkan lakukan secara rutin ketika mau tidur minimal 2 kali dalam seminggu

  • Menghitamkan rambut

Untuk menghitamkan rambut secara alami menggunakan daun pandan wangi anda cukup sediakan 10 lembar daun pandan dan rebus dengan air sebanyak 1 liter, tunggu beberapa menit sampai airnya berubah warna menjadi hijau. Akat dan diamkan semalaman penuh. Keesokan harinya ketika anda mau mandi, sebelum ramuan tersebut di keramaskan tambahkan terlebih dahulu dengan perasn buah mengkudu sebanyak 4 buah yang sudah mateng.  Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan ramuan tersebut seminggu 3 kali secara rutin.

  • Menghilangkan ketombe

Daun pandan sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe pada rambut, caranya sediakan 10 lembar daun pandan wangi dan haluskan dengan mengunakan blender, setelah halus tambahkan setengah cangkir air dan aduk rata.lalu bilaskan ke semua area rambut dan kulit kepalanya, biarkan selama 30 menit sampai kering, setelah kering bilas dengan air bersih. Di anjurkan lakukan setiap kali mau mandi sampai ketombe di rambut anda hilang.

Apa rahasinya daun pandan sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan?
Karena daun pandan wangi ini mengandung alkaloida, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, dan zat pewarna warna alami. baca juga manfaat daun singkong untuk kesehatan dan ibu hamil

Related Posts