Menyehatkan Ginjal dengan Daun Sukun

shares |

  • Sukun

Sukun ialah sejenis pohon yang berbuah. Buah sukun ini tidak mempunyai biji tapi memiliki tekstur yang empuk di bagian tertentu, kelembutannya hampair mirip dengan roti jika sukun sudah dimasak seperti digoreng. Maka dari itu orang eropa mengenal buah sukun ini di sebutnya buah roti.
Buah Sukun yang sesungguhnya ialah kultivar yang terseleksi, maka dari itu sukun tidak mempunyai biji. nama "sukun" bila di artikan dengan bahasa jawa artinya tidak berbiji, dan juga sering dipakai untuk kultivar tanpa biji pada jenis buah lain, misalnya durian dan jambu kulutuk. Sumber Wikipedia

Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan - Daun sukun atau Urticaceae, genus Artocarpus dalam bahasa latinya. Buah sukun ini mengandung karbohidrat yang sangat tinggi dan masyarakat suka memanfaatkan buah sukun ini dengan mengolahnya menjadi makanan ringan seperti di goreng di bikin dodol dan banyak lagi.

selain buahnya yang enak setelah di olah ternyata daun sukun ini sudah banyak ahli-ahli pengobatan tradisional memanfaatkan khasiat dari daun sukun ini. Karena daun sukun mempunyai banyak kandungan seperti polifenol, tannin, quercetin, asam hidrosionat , Senyawa ortoindonesionin dan quercetin, artoindosionin. kandungan tersebut ialah kelompok dari senyawa turunan flovonoid yang fungsinya sebagai zat antioksidan, maka dari itu daun sukun ini banyak digunakan atau di manfaatkan untuk komponen aktif dalam membuat obat. Berikut beberapa khasiat dari dauhn sukun tersebut.

Manfaat dan Khasiat Daun Sukun


  • Menjaga Kesehatan Ginjal


Manfaat daun sukun Selain dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, ada juga yang menjadikannya sebagai solusi untuk menyehatkan ginjal dikarnakan daun sukun mengandung saponin, polifenol, asam hidrosianat, kalium, asetilkolin, tannin, riboflavin, dan phenol. Kandungan kalium Pada daun sukun ini dapat membuat batu ginjal berupa Ca-oksalat teruray. Sehingga Endapan batu ginjal akan larut dan keluar bersama urine.

walaupun teh daun sukun ini belum terbukti secara klinis, sudah banyak penderita penyakit ginjal mengkonsumsi teh daun sukun tersebut dan hasilnya menunjukkan indikator adanya perbaikan kondisi berkurangnya kandungan protein dalam urine dan hilangnya pembengkakan. Bahkan, ada beberapa orang sudah melakukan testimoni dengan cara tes urin pada orang yang sering mengkonsumsi teh daun sukun tersebut dan hasilnya negatif. Berikut cara membuat teh daun sukun untuk menyehatkan ginjal,
petik beberapa daun sukun dari tangkainya, cuci sampai bersih lalu rebus kurang lebih 30 menitan, setelah itu ambil airnya saja dan minum sampai habis, di anjurkan minum 1 hari 1 gelas,

  • Mengobati Sakit Jantung

Daun sukun ini mampu meredakan dan mengobati rasa sakit pada jantung. Karena daun sukun mengandung senyawa phenol, flavonoid dan sitosterol  yang dapat menyehatkan pembuluh darah dan jantung . karena kandungan tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol darah secara cepat serta dapat menghambat akumulasi pada dinding pembuluh darah aorta. Berikut cara penggunaanya sebagai berikut cari daun sukun yang sudah menua, janagn pucuknya, lalu bersihkan pakai air bersih kemudian jemur sampai kering, setelah kering rebus daun sukun tersebut sperti mau bikin air teh sampai mateng/mendidih kemudian tiriskan dan minum ,di anjurkan minum setiap hari 1 gelas.

  • Mengobati rusak/bengkak limpa

Untuk mengobati bengkak limpa, petik daun sukun yang sudah tua, hancurkan dengan meremasnya kemudian tempelkan pada tangan atau kaki yang sakit bengkaknya.

  • Mencegah dan mengobati hipertensi

Karena daun sukun mengandung Senyawa quercetin, kandungan tersebut sangat efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi,

  • Daun sukun untuk mengatasi peradangan

Daun sukun mampu mengatasi peradangan organ tubuh yang di sebabkan oleh luka atau penyakit lainnya, karena daun sukun mengandung senyawa aktif yaitu anti-inflamasi. Berikut cara penggunaanya siapkan 3 lembar daun sukun yang sudah menua, cuci sampai bersih, lalu rebus daun sukun dengan 7 gelas air. Tunggu sampai mendidih kemudian saring dan tiriskan, lalu minum sampai habis, di anjurkan minum 1-2 gelas dalam sehari.

  • Mencegah dan mengobati asam urat

Orang yang sudah lanjut usia biasanya suka terkena sakit Asam urat, penyebab sakit asam urat ini salah satunya adalah kadar purin di dalam tubuh tinggi, nah daun sukun ini mempunyai kandungan kadar purin yang rendah maka jika kita mengkonsumsi ramuan teh daun sukun ini dapat mengobati atau lebih tepatnya mencegah datangnya sakit asam urat di masa tua. Berikut cara mengolah daun sukun untuk mencegah dan mengobati asam urat, sediakan satu genggam daun sukun yang masih segar, cucui bersih lalu jemur sampai kering, setelah kering tinggal seduh sama ari panas, untuk menghilangkan rasa pahit bisa di tambahkan satu sendok teh madu, kalo tidak adak bisa di ganti dengan satu sendok teh gula batu.

  • Menurunkan Kadar Gula Darah

Sejak beberapa tahun terakhir ini, sudah banyak yang menggunakan obat alami untuk menurunkan kadar gula darah. Nah buah Sukun ini termasuk salah satunya karena sukun ini adalah jenis tanaman yang memiliki efek insulin, efek insulin dari sukun ini mampu menurunkan gula darah. Dari  hasil riset oleh Puspa DN Lotulung, Sofa Fajriah, Andini Sundowo, dan Euis Filaila dari Pusat Penelitian Kimia LIPI menujukkan bahwa senyawa flavonoid dari daun sukun yang berhasil diisolasi, ialah 8-geranyl-4,5,7-trihydroxyflavone bersifat sebagai anti diabetes yang sangat ampuh. Selain itu peneliti dari UGM Nublah, SP melakukan testimoni kepada tikus jantan galur wistar diberi glukosa monohidrat sehingga mengalamu hiperglikemia. memberikan 1,35gram guloksa monohidrat/200gram bobot badan mengakibatkan kadar gula darah tikus naik dari 88,96 mg/dl jadi 173,95 mg/dl.

Mungkin di cukupkan sekian dulu dari saya tentang manfaat atau khasiat dari daun sukun ini, semoga bermanfaat untuk teman-teman, dan jika teman-teman males untuk membuat ramuan dari daun sukun, sekarang sudah banyak yang jual exstrak dari daun sukun tersebut. Baca juga Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan, Wajah dan Kecantikan

Related Posts