Manfaat dan Khasiat Asam Jawa Untuk Pengobatan dan Kecantikan

shares |

Khasiat Asam Jawa Untuk Pengobatan Tradisional – Buah asam jawa ini sering di gunakan untuk menambah kelezatan makanan, atau orang sering menyebuntanya sebagai bumbu masakan yang rasanya asam, dan pastinya anda sudah mengenalinya. Nama ilmiah dari asm jawa ialah tamarindus indica dan juga di indonesia ada beberapa nama lain seperti di jawa, sunda indonesia inggris dan prancis mempunyai nama yang berbeda-beda di antaranya, asem,tangkal asem, asam jawa, tamarind dan tamariner.

Tamarindus indica atau asam jawa ini hanya bisa hidup di daerah tropis seperti di indonesia, dan juga asam jawa mempunyai bahan pohon yang sangat keras serta dapat tumbuh menjadi besar dan daunya sangat rindang, jadi jika di tanam di pinggir jalan dapat menjadi peneduh jalan. Daun asam jawa bentuknya bertangkai panjang dan bersisip. Serta mempunyai bunga yang warnanya kuning kemerah-merahan serta buah polongnya berwarna coklat dengan rasa khasnya yaitu asama. Selain terdapat kulit yang membungkus daging buah di dalam polongnya berisi biji yang berbentuk pipih serta berwarna coklat kehitaman berjumlah 3-4 biji di dalamnya.

Asam jawa ini selain di gunakan untuk bumbu masak berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit seperti, dapat mengobati asma, sakit panas pegel linu atau rematik,batuk, demam,sakit perut,alergi/biduren, sariawan,eksim, bisul, luka baru, luka borok, gigitan ular berbisa dan rambut rontok.

Manfaat dan Khasiat Asam Jawa Untuk Pengobatan dan Kecantikan

Berikut cara mengobati bebagai penyakit dengan asam jawa.

Obat Asma - 
Sediakan 2 potong kulit pohon asam jawa dan adas pulawaras secukupnya, kemudian resbus dengan satu liter air kedua bahan tersebut hingga mendidih lalu saring untuk di ambil airnya dan minum secara teratur, minimal dua gelas dalam sehari siang dan malam menjelang tidur.

Obat Batuk Kering - Ambil 3 buah polong asam jawa dan setengah genggam daun saga. Lalu rebus kedua bahan tersebut dengan 4 gelas air, tunggu sampai mendidih dan tersisa tinggal 1 gelas lalu saring, ambil airnya, tiriskan. Di anjurkan minum 2 gelas sehari sampai batuk sembuh.

Obat Demam - Bahan yang di perlukan ambil satu genggam daun asam jawa dan adas pulawaras secukupnya lalu kedua bahan tersebut rebus dengan menggunakan setengah liter air sampai mendidih, kemudian saring dan tiriskan, untuk hasil yang maksimal minum 2 gelas sehari di pagi hari dan di sore hari.

Obat Sakit Panas - Bahan yang harus di sediakan 2 buah polong asam jawa yang sudah matang dan garam secukupnya lalu seduh dengan satu gelas air panas dan saring, cara menggunakannya anda hanya meminumnya biasa, ramuan tersebut di najurkan tidak boleh di minum sama orang yang sedang hamil.

Obat Rematik - Sediakan 3 buah polong asam jawa dan 3 biji asam jawa lalu tumbuk sampai halus kemudian kompreskan pada bagian yang teras sakit.

Sakit Perut - Masukan 3 buah polong asam jawa dan satu potong gula aren pada gelas lalu seduh dengan air panas, setelah dingin saring dan minum airnya sampai habis.

Obat Sariawan - Sediakan dua buah polong asam jawa, dua rimpang temulawak kira-kira sebesar ibu jari dan satu potong gula kelapa lalu resbus denga 5 gelas air sampai tersisa 1 gelas saring dan tiriskan lalu minum sampai habis.

Mengobati Luka Borok - Ambil beberapa biji asm jawa lalu tumbuk sampai halus kemudian tempelkan pada luka dan tutup sama perban.

Mengobati Eksim dan Bisul - Sediakan beberapa helai daun asm jawa yang masih muda dan dua rimpang kunyit masing-masing sebesar ibu jari, kemudian kedua bahan tersebut tumbuk menggunakan batu atau mutu sampai halus lalu tempelkan pada bagian yang sakit.

Mengobati Bengkak karena di sengat lipan dan lebah - Sediakan bahan 5 biji asam jawa dan minyak kayu putih lalu tunmbuk biji asam jawa sampai halus, sebelum menempelkan tumbukan biji asam jawa pada luka yang bengkak bersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan kayu putih lalu tempelkan tumbukan asam jawa yang tadi di buat.

Khasiat Asam Jawa Untuk Kecantikan

Mengobati jerawat

    No Bahan yang di sediakan Banyaknya
    1 daun sambiloto 12 lembar
    2 temulawak 10 iris
    3 kencur 5 cm
    4 adas 1 sendok teh
    5 daun jintan 10 lembar
    6 Asam kawak sebesar ibu jari orang dewasa

Tumbuk semua bahan yang telah di sediakan kecuali asam kawak hingga halus, setelah halus baru tambahkan asam kawak kemudian Seduh dengan 2 gelas air panas. Aduk-aduk dan dinginkan, Setelah dingin airnya saring kemudian minum satu gelas sampai habis, di anjurakan 3 kali sehari. Dan juga untuk pengobatan luar, ambil 3 biji asam jawa lalu diseduh dengan segelas air panas dan tiriskan, adapun cara penggunaanya airnya setelah dingin saring untuk di ambil airnya lalu gunakan sebagai cuci muka di pagi hari.

Mencerahkan kulit

Asam jawa ini ternyata bisa juga digunakan untuk perawatan kulit wajah supaya tampak lebih cerah. Dengan cara, lumatkan daging buah asam jawa dengan menggunakan air hangat. Lalu Tambahkan sedikit bubuk kunyit kemudian aduk sampai kental atau membentuk seperti adonan untuk luluran. Cara menggunakannya Gunakan ramuan tersebut sebagai lulur, dan ketika sudah luluran semua anggota badan jangan langsung di bilas tapi diamkan terlebih dahulu  selama 15 menit supaya nutrisi yang ada dalam asam jawa nya meresap

Mengangkat sel kulit mati

Hancurkan daging buah asam jawa dengan air hangat lalu tambahkan sedikit garam dan yogurt aduk sampai terbentuk sepeti pasta. Cara penggunaanya gunakan pasta tersebut sebagai masker wajah selama 20 menit, sambil dipijat halus supaya sel kulit mati pada wajah terangkat.

Menghilangkan selulit

Bahan yang di perlukan asam jawa, gula pasir, baking soda dan air perasan jeruk lemon. Campurkan semua bahan tersebut pada mangkuk kecil lalu Aduk sampai benar-benar tercampur rata. Cara penggunaanya balurkan ramuan tersenut pada kulit yang ada selulitnya sambil di urut halus kemudian diamkan selama 15 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.


Apa rahasia di balik tanama asam jawa?

Buah polong asam jawa ini mengandung senyawa kimia antara lain asam appel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pectin dan gula invert, dan juga kulit biji asam jawa mengandung phlobatannin serta bijinya mengandung albuminoid serta pati

Demikian lah ulasan tentang khasiat dan manfaat buah asam jawa untuk pengobatan, jangan lupa baca juga manfaat daun sirsak.

Related Posts